Stadion GBLA, Tempat Pergelaran Semifinal & Final Liga2 yang Megah

Stadion GBLA, Tempat Pergelaran Semifinal & Final Liga2 yang Megah
Stadion GBLA, Tempat Pergelaran Semifinal & Final Liga2 yang Megah. Istimewa

bundarsatu – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi tempat perhelatan pertandingan babak semifinal dan final liga2 yang diselenggarakan PSSI.

Stadion GBLA menjadi salah satu ikon sepak bola. Memiliki kemegahan dalam bentuk maupun fasilitas. Stadion ini berkapasitas 50.000 orang.

Stadion  terletak di antara ruas Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi KM 149 dan Jalan Bypass Soekarno-Hatta Bandung. Akses jalan menuju Stadion akan dibuat pintu tol khusus di KM 149 ruas Tol Purbaleunyi dan ruas jalan dari arah Stasiun KA Cimekar dan dari jalan Rancanumpang.

Awal mula nama stadion mengambil dari tempat stadion dibangun yaitu Gedebage sehingga masyarakat mengenal secara mudah mengingat dengan nama Stadion Gedebage, namun nama tersebut hanya sementara sebelum dibuat peraturannya. Setelah ada keputusan pemerintah, maka pemberian nama stadion dilakukan lewat polling terhadap masyarakat dan hasilnya nama Stadion Gelora Bandung Lautan Api menjadi suara terbanyak dari masyarakat. Hasil polling tersebut sudah disepakati berbagai kalangan dan sudah ditetapkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bandung.

GBLA memiliki struktur bangunan yang sangat unik, mirip dengan pesawat luar angkasa dengan kubah melingkar. Tak heran, stadion ini langsung jadi kebanggaan masyarakat Bandung, bahkan Indonesia.

Memiliki kapasitas 50.000 tempat duduk, GBLA menjadi salah satu stadion dengan kapasitas terbesar di Indonesia. Pemerintah kota Bandung pun harus merogoh kocek hingga Rp545 miliar dalam pembangunan selama lima tahun.

Dengan merogoh kocek hingga Rp.545 Miliar, terdapat beberapa fasilitas yang di buat. Berikut beberapa fasilitas tersebut :

1. Papan Skor Digital

Papan Skor Digital Stadion GBLA. TribunJabar

Berukuran sekira 5×10 meter, papan skor ini terletak di tribun utara dan selatan.

Memiliki warna hitam dan dilengkapi jam penunjuk waktu, papan skor ini terbilang megah.

Sebab tidak semua stadion di Indonesia sudah menggunakannya.

2. Toilet

Toilet GBLA. TribunJabar

Toilet menjadi hal yang penting dalam sebuah stadion.

Berjumlah 776 hampir di setiap sudut pintu masuk tersedia.

Istimewanya adalah setiap toilet berfungsi dengan baik, airnya pun cukup jernih dan tidak tercium bau tidak sedap.

 

3. Musala

Musala GBLA. TribunJabar

Musala yang disediakan oleh pengelola GBLA berjumlah 12. Ukurannya pun cukup besar, mampu menampung sekira 20 orang. Fasiltasnya lengkap, terdapat sajadah, sarung, hingga mukena. Tempat wudunya sangat nyaman. Selain airnya melimpah, kebersihannya juga cukup terjaga dengan baik.

4.Lahan Parkir

Luas Gelora Bandung Lautan Api(GBLA) 16,5 hektar, di beberapa titik terdapat lahan parkir yang cukup luas. Baik itu gerbang biru mauapun merah.

Para penonton ataupun pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di tempat yang luas.

5. Royal Box

Royal Box GBLA. TribunJabar

Royal box ini adalah fasilitas paling megah dari Stadion GBLA. Bahkan di Indonesia sendiri baru terdapat dua stadion yang memilikinya. Pertama Gelora Bung Karno di Jakarta, dan yang kedua adalah GBLA. Menurut beberapa sumber, royal box bisa disetarakan dengan VVIP. Royal box ini khusus disediakan bagi pejabat mauapun orang-orang penting. Letaknya sangat strategis, yaitu tribun barat Stadion GBLA. Menurut beberapa sumber, royal box ini tahan terhadap peluru.

Dengan kemegahan yang ada di Stadion GBLA, membuat stadion tersebut masuk dalam jajaran stadion terbaik di dunia. Sebagaimana salah satu media Internasional yang membuat polling.

Situs Thetoptens.com merupakan sebuah situs poling yang memberikan kesempatan pada tiap pengunjung dunia maya untuk memberikan suara mereka terhadap segala hal yang mereka sukai, termasuk klub sepakbola.

Stadion GBLA menjadi stadion terbaik di dunia mengalahkan Camp Nou dan Old Trafford.

Dalam hal ini, Thetoptens.com mencatat Stadion GBLA menempati peringkat pertama sebagai stadion terbaik di dunia mengungguli markas klub-klub top Eropa seperti Camp Nou (Barcelona) dan Old Trafford (Manchester United).

Komentar langsung dari pemain maupun penonton

Salah satu pemain PSMS Medan, Gusti Sandria mengomentari stadion GBLA. Ia mengatakan bahwa stadion tersebut mantap.

“Stadionnya mantap, bagus dan megah, dan kualitas tanah serta rumputnya bagus sekali. Kalau kita menerapkan pola permainan bola-bola pendekakan efektif,” kata Gusti, sebagaimana di kutip dari harian TribunMedan.

Lain Gusti Sandria, lain pula komentar salah satu fans PSMS Medan, Husnul Abdee. Ia mengatakan Stadion GBLA merupakan stadion impian buat masyarakat Medan yang suka sepak bola.

” Tentunya  gak bisa dipungkiri, Stadion GBLA itu bagus. Jadi impian buat masyarakat Medan yang menginginkan stadion yang bagus,” ujar Pria yang sering disapa akrab, Nunu.

Nunu menambahkan, dengan masuknya PSMS Medan ke kompetisi Liga1, membuat pihak terkait baik pemerintah Kota, Provinsi ataupun swasta mau membangun stadion baru, atau setidaknya merenovasi Stadion Teladan secara benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *