Para Pahlawan Sepak bola yang Diabadikan lewat Patung

Para Pahlawan Sepak bola yang Diabadikan lewat Patung
Para Pahlawan Sepak bola yang Diabadikan lewat Patung

 

bundarsatu – Banyak Pahlawan berjasa di bidangnya yang tidak bisa dilupakan, seperti di bidang sepak bola. Para tokoh ini pernah membawa Indonesia ke puncak kejayaan. Banyak cara untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, salah satunya dibuatkan patung di daerah asalnya masing-masing.

 

Terdapat pulak patung-patung yang ada di Indonesia berupa pahlawan-pahlawan yang berjasa di dunia sepak bola. Berikut para pemain yang berjasa mengangkat marwah daerahnya dan Negara tercinta, Indonesia.

 

1. Patung pahlawan bola di Bandung

Patung pahlawan sepak bola di Bandung

Patung ini terletak di kawasan Bandung, Jawa Barat. Terletak di Tamblong ini sangat di hormati oleh para Bobotoh, pendukung fanatik Persib Bandung. Namun siapa sosok yang dijadikan patung tersebut, masih tanda tanya. Ada yang menyebutkan Ajat Sudrajat, pemain Persib yang membawa timnya menjadi juara perserikatan. Ada juga yang menyebutnya Robby Darwis, pemain belakang Persib yang juga andalan timnas.

 

2. Patung Ramang di Makassar

Patung Pahlawan Sepak bola di Makassar
Patung Pahlawan Sepak bola di Makassar

Dialah Ramang, striker cilik dan gesit asal Makassar yang menjadi pahlawan Indonesia di era 50-an. Kala itu nama sepak bola Indonesia melambung tinggi karena berbagai prestasinya hingga disebut macan Asia. Sayangnya patung itu kini telah tiada, namun pemerintah setempat sedang berupaya membangunnya kembali.

3. Patung Ribut Waidi di Semarang

Patung sepak bola Semarang
Patung sepak bola Semarang

Di persimpangan jalan masuk stadion Jati Diri, bisa dilihat patung pemain sepak bola. Dialah Ribut Waidi, pahlawan sepak bola asal Semarang di tahun 80-an. Ribut adalah pemain terbaik pada final perserikatan tahun 1987 ketika Semarang mengalahkan Persebaya. Dia jugalah yang mencetak satu-satunya gol ke gawang Malaysia pada final SEA GAMES di tahun yang sama. Kemenangan itu memberikan emas pertama untuk cabang olahraga sepak bola SEA GAMES

 

Sepak bola di Indonesia sudah ada sejak jaman kolonial meski masih dengan embel-embel nama Belanda. Barulah pada tahun 1930, terbentuklah PSSI di Yogyakarta yang diketuai Soeratin Sosrosoegondo.

 

sumber :  sepakbola.com

editor  : Akbar Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *